Thursday, July 2, 2020

Cara Mudah Menampilkan Artikel dan Blog di Pencarian Google

Bagi seorang bloger pemula harus tahu bahwa blog atau artikel yang kita buat dan publish tidak langsung terindeks atau terhubung pada pencarian google tetapi kitaperlu mendaftarkan blog atau artikel kita ke webmaster google. Web master google tools adalah layanan gratis yang disediakan google untuk pemilik website atau blog yang berfingsi untuk meningkatkan keterlihatan website atau blog kita di pencarian google dan menampilkan status indeks pada web yang didaftarkan. Webmaster google tools kini bertransformasi menjadi google search console.

Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:

  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
  • Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

Siapa yang harus menggunakan Search Console?

Siapa pun yang memiliki situs. Dari orang awam hingga pakar, dari pemula sampai yang mahir, Search Console dapat membantu Anda.

  • Pemilik bisnis: Sekalipun Anda tidak akan menggunakan Search Console sendiri, sebaiknya Anda memahaminya, menguasai dasar-dasar pengoptimalan situs untuk mesin telusur, dan mengetahui berbagai fitur yang tersedia di Google Penelusuran.
  • Pemasar atau pakar SEO: Saat seseorang berfokus pada online marketing, Search Console akan membantu Anda memantau traffic situs, mengoptimalkan peringkat, dan membuat keputusan tepat tentang bagaimana hasil penelusuran situs Anda ditampilkan. Anda dapat menggunakan informasi di Search Console untuk memengaruhi keputusan teknis yang menyangkut situs Anda dan melakukan analisis pemasaran yang andal dengan memanfaatkannya bersama sejumlah fitur Google lainnya seperti Analytics, Google Trends, dan Google Ads.
  • Administrator situs: Sebagai admin situs, kelancaran operasi situs menjadi perhatian penting bagi Anda. Search Console memudahkan Anda memantau dan, dalam beberapa kasus, menyelesaikan error server, masalah pemuatan situs, dan masalah keamanan seperti peretasan dan malware. Anda juga dapat menggunakannya untuk memastikan bahwa pemeliharaan atau penyesuaian situs apa pun yang Anda lakukan terkait performa penelusuran, berjalan dengan lancar.
  • Developer web: Jika Anda membuat markup dan/atau kode aktual untuk situs, Search Console akan membantu Anda memantau dan menyelesaikan masalah umum terkait markup, seperti error pada data terstruktur.

Cara Menampilkan Artikel dan Blog di Pencarian Google

Langkah Pertama; Silahkan ke Google Search Console lalu "klik mulai sekarang"

Langkah Ke-dua Masukkan  "Url website atau blog kita" kemudian pilih "Sitemap", maka akan tampil seperti gambar berikut ini;

cara mudah mendaftarkan web dan artikel ke pencarian google
Tampilan Menu Sitemap Google Console


Langkah Ke-Tiga; tuliskan "Sitemap.xml" pada tambahkan peta situs baru dan klik "kirim". Setelah 'ada pemberitahuan Peta Situs Berhasil Dikirim maka langkah selanjutnya 
Langkah Ke-Empat;  pilih Menu Inspeksi Url lalu masukkan url website atau blog yang akan kita daftarkan. Maka akan tampil gambar seperti ini;

cara mudah mengindeks blog dan artikel ke pencarian google
Tampilan Menu hasil Inspeksi Url 

Langkah Ke-Lima; jika setelah kita inspeksi url akan tampil seperti gambar diatas maka jangan panik, silahkan pilih uji url yang terletak di pojok kanan atas. setelah berhasil (tanda seru berubah jadi tanda centang hijau) maka silahkan pilih tulisan Minta Pengindeksan. 

Cara Melihat Website dan artike Sudah Terdaftar di Google Search atau Belum

Silahkan Tuliskan di pencarian google: Site:alamat url kita dan tekan Enter.
Contoh; site:https://belajarhkm.blogspot.com/ maka akan tampil seperti gambar dibawah ini;

Cara melihat hasil pengindeksan google Search console di pencarian google
Gambar; Hasil pengindeksan di Google Search Console

Demikian Tutorial kita kali ini, selamat mencoba dan semoga sukses dan bermanfaat!!!
Baca Juga Tutorial Blog dari aku yaa!!!! 


Related Posts

0 comments:

Post a Comment