Monday, June 29, 2020

Cara Membuat Blog

apa itu blog?

apa itu blog?

Blog adalah web sederhana yang digunakan sebagai media bagi penulis untuk mengeksplorasi imajinasi, menyebarluaskan dan bertukar informasi, sarana untuk berbisnis,  media pembelajaran online, sebagai media untuk mempublikasi karya ilmiah dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

cara membuat blog

cara membuat blog

  1. Buat Akun Google terlebih dahulu (bagi yang belum punya akun google)
  2. aktifkan akun google kemudian Cari di google search blogger.com
  3. Klik create your blog. Setelah muncul halaman blogger.com Anda bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.
  4. Buat akun dengan email. Selanjutnya Anda bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspot Anda. Meskipun kamu membuat akun baru, tapi Anda tak perlu untuk mendaftar. Karena blogspot akan langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akun gmail Anda.
  5. Lengkapi profil. Setelah masuk pada akun blogger.com, anda akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog anda. Meskipun anda diminta untuk melengkapi profil, akan tetapi anda bisa mengisinya dilain waktu.
  6. Settingan dasar pada dashboard Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat.
  7. Pada dashboard ini kamu bisa untuk menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada.
  8. Selanjutnya klik create blog. Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, anda bisa menolaknya dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar. 

cara membuat blog, tampilan dasboard
Tampilan Dasboard

9. Langkah selanjutnya silahkan menuju dashboard untuk mengatur blog dan jika ingin menuliskan isi blog atau postingan baru milik anda silahkan pilih tanda + dipojok kanan kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini

halaman post, cara membuat postingan baru pada blog
Tampilan halaman post 

jika  tulisan yang akan diposting selesai silahkan klik publish (tanda panah dipojok kanan atas)
10. Jika anda ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan anda pada blog, anda bisa mengklik View your blog pada menu dasboard. 
Demikianlah tutorial kali ini selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!!
Baca juga Tutorial Blog lainnya dari aku ya...
   

Related Posts

0 comments:

Post a Comment